Berikut Perbedaan Antara Kamera Mirrorless Dengan kamera DSLR


Ketika mendengar kamera Mirrorless mungkin bagi Anda yang tidak paham dengan jeni-jenis kamera kurang begitu familiar. Namun bagi para pecinta fotografi tantu sudah begitu paham dengan istilah kamera Mirrorless.

Yup, kamera yang bernama “interchangeable lens camera” atau biasa di singkat ILC adalah sebuah kamera yang lensanya dapat anda ganti-ganti. Camera ini lebih terkenal dengan sebutan camera Mirrorless dari pada ILC. Tapi Tunggu dulu, jangan sampai anda gagal dengan kamera Mirrorless ini ya, kamera ini berbeda dengan kamera jenis DSLR.

Jika Anda membayangkan kamera ini adalah DSLR maka Anda salah besar. Karena tidak semua ILC atau kamera Mirrorless ini dapat di golongkan dalam DSLR.

Dalam beberapa tahun ini telah di produksi sebuah kamera yang lebih ringkas dibandingkan dengan Camera DSLR. Kamera ini di beri nama Mirrorless ILC atau yang lebih di kenal dalam masyarakat sabagai kamera Mirrorless.

Namanya saja Mirrorless pasti yang terbayang dipikiran kita adalah tanpa cermin. Dari pada mengartikan dengan asal nanti malah jadi salah kaprah, kamera Mirrorless adalah sebuah Camera DSLR yang di hilangkan pemantul cahayanya (mirrorbox).

Dengan di hilangkannya mirrorbox maka tampilan gambar yang di ambil menggunakan kamera Mirrorless akan lebih menciut di bandingkan dengan DSLR. Meskipun begitu hasil tangkapan gambar mirorrles tetap memiliki kualitas. Bukan hanya kualitas yang di dapat, namun Anda juga bisa mengganti-ganti lensa yang akan di gunakan pada kamera Mirrorless.

Saat ini kamera Mirrorless sedang di gandungi para muda mudibaik di Indonesia maupun di dunia. Karena bentuknya yang simple serta kenunggulan yangdiberikan oleh kamera Mirrorless inilah yang membuat banyak pengguna yang menggunakan kamera ini.

Anda bisa mendapatkan gambar dengan kualitas yang berbeda di bandingkan dengan DSLR. Karena fitur inilah banyak yang ramai-ramai mulai menyukai Mirrorless daripada DSLR. Namun tahukah Anda apa perbedaan antara kamera Mirrorless dengan DSLR? Mungkin dari sebagian Anda banyak yang gagal fokus dan mengartikan kamera mirrorles adalah DSLR.

Nah berikut ini informasi untuk Anda mengenai perbedaan kamera Mirrorless dengan DSLR.
Dengan menghilangkan cermin pada mirrorbox hal ini memberikan keuntungan pada kamera Mirrorless memberikan keuntungan bagi kamera ini karena kamera ini mudah untuk di bawa kemana-mana.

Banyak orang-orang yang mengatakan bahwa kamera Mirrorless adalah kamera yang di tunggu-tunggu di masa depan. Pasalnya orang zaman sekarang lebih menyukai hal-hal yang simple saat di bawa kemana-mana. Maka dari itu banyak orang-orang yang menggunakan kamera handphone saat ingin mengabadikan momen.

Namun kamera handphone tidak memiliki kualitas yang baik saat pengambilan gambar, dengan adanya kamera Mirrorless inilah menjawab problematika yang melAnda orang-orang di zaman ini.
Karena tidak memiliki mirrorbox maka ada perbedaan antara kamera Mirrorless dengan DSLR. Selain itu perbedaan yang mendasar lainnya adalah bentuk dari mirorless yang simple dan tanpa pemantul cahaya ini juga termasuk perbedaan dengan DSLR.
Adapun perbedaan khusus antara kamera Mirrorless dengan DSLR adalah sebagai berikut:
  1. Pada DSLR susunan cermin akan menyita banyak ruang sehingga pada DSL bentuknya lebih besar dan lebih berat. Namun pada kamera Mirrorless tidak demikian, hal ini karena tidak adanya cermin yang menjadikan kamera ini terlihat lebih simple dan ringkas untuk di bawa kemana-mana.
  2. Kamera Mirrorless tidak memiliki jendela optik (OVF, Optical viewfinder). Jadi saat proses pembidikan gambar atau pengambilan gambar tidak di lakukan lewat layar LCD atau jendela bisik elektronik (EVF, electronic viewfinder).
  3. Sebenarnya cara kerja antara EVF dengan layar LCD sama saja yaitu untuk menyalurkan gambar melalui sensor yang terus menerus aktif. Yang menjadi perbedaan adalah penempatan dan ukurannya, yakni di buat serupa dengan jendela optis untuk di keker dengan menggunakan mata sebelah.
  4. EVF berbeda dengan OVF, EVF memiliki kelebihan di bandingkan dengan OVF. Kelebihan pada EVF dapat dilihat langsung saat pengguna melihat hasil gambar. Perubahan hasil exposure, ISO atau white balance ini bisa langsung di lihat saat usai mengambil gambar.
Selain itu pengguna juga dapat menambahkan overlay aneka informasi yang berguna lainnya seperti level indicator atau histogram untuk memandu pada exposure.
  1. Selain memiliki kelebihan EVF juga memiliki kekurangan, kekurangan yang dimiliki Evf adalah boros baterai. Hal ini terjadi karena sensor harus selalu aktif dan jendela bidik juga selaluaktif agar pengguna dapat melihat gambar. Inilah kekurangan yang sering di keluhkan oleh para pengguna kamera Mirrorless.
  2. Perbedaan lainnya adalah pada kamera DSLR Anda bisa langsung melihat gambar yang baru saja di ambil yang ada di depan lensa melalui OVF saat kamera sedang tidak dinyalakan. Hal ini terjadi karena mekanisme mirrorbox meneruskan cahaya dari lensa menuju pentaprisma, lalu menuju viewfinder tanpa harus mengenai sensor.
  3. Sebaliknya, EVF pada kamera mirrorles akan tampak gelap saat kamera sedang tidak dinyalakan sehingga tidak dapat melihat gambar yang barusaja di ambil. Gambar baru bisa di lihat sensor aktif.
  4. Namun kedua kamera ini memiliki persamaan yaitu saat membidik baik menggunakan kamera Mirroless maupun DSLR menggunakan prinsip kerja yang sama yaitu untuk meneruskan gambar dari sensor menuju ke layar.
  5. Harga kamera Mirrorless juga lebih murah dibandingkan dengan kamera DSLR, hal inilah yang memikat banyak pengguna kamera Mirrorless. Mengapa harga Mirrorless lebih murah dibandingkan dengan DSLR? Hal ini karena material yang sedikit serta mekanisme yang tidak sekompleks DSLR menjadikan kamera Mirrorless lebih murah.
  6. Pada kamera Mirrorless hasil gambar yang di dapatkan belum bisa natural. Hal ini karena tingginya kontras yang di tampilkan pada gambar.
  7. Namun dengan menggunakan Mirrorless apa yang di lihat pada kenyataan akan sesuai dengan apa yang di tampilkan pada hasil bidikan kamera, inilah yang menjadi menarik. Pasalnya pada DSLR gambar akan terlihat semakin gemuk dibandingkan dengan yang aslinya. Anda bisa mengubah white balance atau ISO yang lainnya.
  8. Antara live preview yang di tampilkan juga berbeda. Pada kamera DSLR Anda tidak dapat melihat live preview seperti pada kamera Mirrorless. Pada kamera DSLR Anda harus mengendalikan matring danpenyesuaian exposure berdasarkan matring yangdigunakan tersebut.
Seperti yang bisa Anda lihat dari perbedaan kamera Mirrorless dan DSLR di atas bahwa kekurangan yang dimiliki oleh Mirrorless lebih sedikit, selain itu kamera Mirrorless juga memiliki banyak kelebihan yang berguna bagi pengguna. Pengguna akan merasa senang saat membawa kamera ini kemana-mana karena bentuknya yang simple serta tidak berat.
Anda bisa menggunakan kamera ini saat Anda ingin berliburan di suatu tempat dengan mendapatkan gambar yang memiliki kualitas tinggi. Kini di bandingkan menggunakan kamera handphone Anda bisa menggunakan kamera Mirrorless untuk traveling Anda. Anda juga bisa menikmati fitur baru yang di tawarkan oleh kamera Mirrorless jika Anda sebelumnya pengguna DSLR.

Sumber  : thegaptek.com

0 Response to "Berikut Perbedaan Antara Kamera Mirrorless Dengan kamera DSLR"